13 Tempat Wisata di Padang yang Menarik untuk Dikunjungi

Ibu kota provinsi Sumatera Barat ini juga memiliki tempat-tempat wisata yang seru. Yang tentunya tak kalah dengan kabupaten / kota lainnya di Sumatera Barat, seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Maninjau ataupun Batusangkar. Berikut beberapa tempat wisata di Padang yang wajib untuk Anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata Di Padang

1. Pantai Nirwana

Tempat Wisata di Padang – Pantai Nirwana

Pantai yang lokasinya berdekatan dengan Pelabuhan Teluk Bayur ini memiliki panorama yang menawan. Pantai ini menawarkan suasana yang nyaman, sehingga cocok dijadikan tempat bersantai bersama keluarga.

Bagi yang gemar foto, banyak spot-spot foto menarik di pantai ini. Bagi pemburu sunset, Pantai Nirwana merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di kota padang.

2. Jembatan Siti Nurbaya

Tempat Wisata di Padang – Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan yang terbentang di atas Sungai Batang Arau ini  merupakan jembatan ikonik Kota Padang. Di saat senja, barulah tempat ini dipadati oleh pengunjung. Di pinggir jembatan ini, berjejer pedagang kaki lima yang menyediakan makanan ringan dan minuman serta kursi untuk bersantai.

Pada senja hari Anda bisa dengan santai dan leluasa sunset sambil menikmati jagung bakar dan pisang bakar serta teh botol. Sedangkan pada malam hari, kerlap-kerlip lampu jembatan, gedung-gedung tua di sepanjang sungai, serta, serta dermaga, dapat menemani waktu bersantai Anda di sini.

3. Pantai Air Manis

Tempat Wisata di Padang – Pantai Air Manis

Pantai yang terkendal dengan “batu malin kundang” nya ini merupakan pantai dengan pemandangan yang menawan. Ada sebuah pulau kecil di dekat pantai di mana Anda dapat berjalan saat air surut.

Kebanyakan orang datang ke sini untuk berselancar, duduk dan bersantai menyaksikan pemandangan dan ombak. Ombaknya cukup tenang jika Anda ingin berenang. Pantai Air Manis juga merupakan salah satu tempat terbaik di kota ini untuk menyaksikan sunset.

4. Museum Adityawarman

Tempat Wisata di Padang – Museum Adityawarman

Museum sejarah ini menampilkan berbagai macam benda-benda peninggalan warisan budaya Minangkabau dan juga beberapa warisan Indonesia. Arsitektur utama museum itu sendiri adalah rumah adat Minangkabau, yakninya Rumah Gadang. Pengunjung dapat belajar banyak tentang sejarah orang Minangkabau di museum besar ini.

5. Taman Siti Nurbaya

Tempat Wisata di Padang – Taman Siti Nurbaya

Kawasan wisata ini hanya berjarak ±15 km dari pusat kota, atau tepatnya berlokasi di puncak bukit di muara Batang Arau.

Taman Siti Nurbaya atau Taman Gunung Padang menyajikan pemandangan yang indah dengan perpaduan pemandangan kota, lebat nya hutan dan lautan yang luas.

Di sini, banyak pedagang yang menjajakan menu jajanan lokal. Anda juga dapat menikmati sore hari Anda dengan menyaksikan keindahan sunset dari tempat ini.

6. Pantai Carolina

Tempat Wisata di Padang – Pantai Carolina

Sebuah pantai berbentuk bulan sabit yang indah, pantai yang terletak di Bungus ini menawarkan pemandangan laut yang sangat indah dari bukit-bukit sekitarnya.

Deretan pohon cemara dapat ditemukan di mana-mana di sekitarnya, menjadi penyejuk suasana pantai. Selain itu, Anda juga dapat menikmati memancing di area ini jika Anda mau.

7. Pantai Padang (Taplau)

Tempat Wisata di Padang – Pantai Padang Taplau

Pantai Padang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Taplau ini merupakan tempat sempurna untuk berjalan-jalan sore. Pantai yang indah yang berlokasi di Purus, Kec. Padang Barat ini adalah tempat yang bagus untuk menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Pantai ini mulai ramai dikunjungi oleh pengunjung pada saat sore hari. Ada banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan ringan dan minuman, serta menyediakan kursi untuk bersantai di sepanjang tepian jalan di pantai ini. Sehingga wisatawan dapat bersantai sambil menikmati suasana pantai.

Pantai ini juga merupakan salah satu spot terbaik di kota ini untuk menikmati sunset. Anda dapat menikmati sunset dengan ditemani jagung bakar dan teh botol.

Sayangnya, abrasi telah merusak pasir selama bertahun-tahun. Sekarang, hanya ada beberapa bagian dari pantai ini yang masih memiliki beberapa pasir yang tersisa. Pemerintah menggunakan batu dan dinding batu untuk mengisi sisa pantai untuk mencegah abrasi lebih lanjut.

8. Pulau Pasumpahan

Tempat Wisata di Padang – Pulau Pasumpahan

Keindahan pulau ini telah membuatnya terkenal bagi banyak wisatawan internasional dan domestik. Nikmati bersantai atau berkeliling di sepanjang pesisir pulau ditemani semilir angin dan keindahan pasir putih dan birunya air laut.

Pulau Pasumpahan adalah tempat yang terkenal di kalangan snorkellers dan scuba divers karena terumbu karang nya yang indah dan hidup.

Anda juga dapat melakukan beberapa petualangan dengan trekking di dalam pulau. Anda dapat sepuasnya menikmati keindahan tak terkira Pulau Pasumpahan dari atas bukit yang terdapat di pulau ini.

9. Pulau Sikuai

Tempat Wisata di Padang – Pulau Sikuai

Pulau yang sangat indah ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan dan turis manca negara. Pulau yang secara admistratif masuk ke dalam Kec. Bungus ini juga terkenal dengan keindahan terumbu karang yang terdapat di laut sekitar nya.

Sejak tahun 1994 pemerintah telah mengembangkan pulau ini menjadi tujuan wisata. Itu sebabnya Anda dapat menemukan resor fantastis yang terdapat di pulau ini.

Nikmati semua yang ditawarkan pulau eksotis ini, Anda dapat berjalan di pantai dan menikmati pemandangan yang menakjubkan. Anda juga dapat memilih petualangan berbasis darat lainnya, seperti panjat tebing dan hiking melalui hutan.

Sempat menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan mancanegara, namun sayangnya hingga artikel ini ditulis, fasilitas yang tersedia – seperti resort, restoran, dll – terbengkalai ditinggal pihak pengelola, karena terdapat perselisihan dengan pemerintah daerah terkait pengelolaan.

10. Pulau Pagang

Tempat Wisata di Padang – Pulau Pagang

Pulau Pagang berada tidak terlalu jauh dari Pulau sikuai. Pulau yang berada di perbatasan Kota Padang dan Kab. Pesisir Selatan ini secara administratif pulau ini berada di Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan. Namun dapat ditempuh sekitar 10 menit menggunakan perahu motor dari Pantai Bungus.

Pulau dengan keindahan pantai nya yang berpasir putih, sangat memikat dan menenangkan. Selain bersantai di tepian pantainya, Anda juga bisa snorkeling di pulau ini karena airnya cukup tenang dan jernih dengan biota laut yang menawan. Pulau ini merupakan tempat bersantai dan menenangkan diri yang sempurna dari hiruk-pikuk kehiduan sehari-hari.

11. Lubuak Tampuruang

Tempat Wisata di Padang – Lubuak Tampuruang

Diberi nama Lubuak Tampuruang (Lubuk Tempurung) dikarenakan kolamnya yang berbentuk seperti tempurung.

Tempatnya pun sangat nyaman, selain Anda dapat berenang di kolamnya yang cukup dalam, juga terdapat sungai bebatuan  yang mengalir dari kolam, sehingga walaupun Anda tidak dapat berenang Anda tetap dapat menikmati bermain air sambil menikmati keindahan kawasan air terjun ini.

Lokasi air terjun ini berada di daerah perbukitan dan di kawasan hutan. Dari kawasan atas bukit, tempat parkir kendaraan, Anda dapat menemukan pemandangna yang indah di sini.

12. Air Terjun Sarasah

Tempat Wisata di Padang – Air Terjun Sarasah

Bukit Sarasah, Ulu Gadut, Kec. Pauh, Kota Padang, panorama yang disajikan di kawasan ini begitu mempesona, jutaan kubik air yang jatuh menghempas bebatuan sehingga menyebar ke berbagai arah. Air yang jatuh melewati bebatuan besar berbentuk kubus yang saling menumpuk bangunan piramida tersebut merupakan daya tarik tersendiri dari air terjun ini.

Air terjun ini sendiri memiliki 7 tingkatan, namun hanya tingkat pertama dan kedua yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan, karena semakin ke atas, semakin berat dan terjal medan yang harus ditempuh.

13. Ngungun Saok

Tempat Wisata di Padang – Ngungun Saok

Bagi Anda petualang yang hobi menempuh medan yang berat demi sebuah “Surga tersembunyi”, maka destinasi yang sat ini wajib untuk Anda kunjungi. Berlokasi di Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Ngungun Saok merupakan sebuah lubuk dari aliran sungai. Namun dikarenakan lubuk ini cukup besar, sehingga pas untuk dijadikan tempat mandi dan berenang.

Untuk Mencapai kawasan ini, medannya cukup berat dan benar-benar menantang. Untuk akses jalan yang bisa dilalui kendaraan saja harus melewati jalanan tebing nan curam dan berbatu, dan hanya dapat dilalui oleh sepeda motor. Dari lokasi parkiran kendaraan hingga mencapai kawasan ini, Anda harus berjalan kaki melewati rintangan alam berupa jalan yang licin dan terjal.

Namun semua rasa lelah akan terbayarkan jika Anda telah sampai di tempat ini, karena sebuah tempat nan menawan telah menanti Anda di sini.

Air nan jernih berwarna hijau toska, banyak terdapat bebatuan besar, diapit oleh dinding batu tinggi nan megah, udara yang segar, suasana yang nyaman karena jauh dari pemukiman penduduk merupakan beberapa hal yang menjadi daya tarik utama dari kawasan wisata ini.

Semoga informasi tempat wisata di Padang di atas dapat bermanfaat kepada pembaca azwisata.com dalam memilih tempat wisata yang akan dituju saat berada di Kota Padang.