5 Tempat Wisata Primadona di Sleman

AZWISATA.COM – Kabupaten Sleman merupakan salah satu kabupaten yang ada di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara geografis, Sleman berbatasan dengan propinsi Jawa Tengah di bagian utara dan timur, Bantul dan Kota Yogyakarta di bagian selatan, serta wilayah Kulon Progo di bagian barat. Di Sleman terdapat tiga sungai besar yang melintas yakni Kali Code, Kali Progo dan Kali Tapus. Secara umum, objek wisata di Sleman terdiri dari situs bersejarah dan candi peninggalan zaman Hindu-Buddha. Selain itu tentunya juga terdapat wisata alam, seperti pegunungan dan lainnya. Nah, kali ini azwisata.com mencoba merangkum lima tempat wisata primadona yang ada di Sleman. Apa saja mereka? Berikut penjelasannya.

    Tempat Wisata Primadona di Sleman    

1. Candi Kalasan

Candi Kalasan

Candi Kalasan merupakan salah satu candi tertua yang ada di Indonesia. Terletak di Desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi yang disebut juga dengan nama Candi Kalibening ini berjarak sekitar 16 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Tidak jauh dari tempat Candi Kalasan ada sebuah candi yang bentuknya mirip, yakni Candi Sari. Kedua candi ini memiliki karakteristik yang sama mengenai keindahan dan kehalusan pahatan batunya. Pengunjung akan dibuat terpana oleh keindahan relief dan ornamen-ornamen yang ada disekeliling bangunan candi ini.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan dikenal sebagai candi peninggalan Hindu yang terbesar di Indonesia. Candi ini sendiri terletak di Desa Prambanan, Kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman, yakni sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Sampai sekarang, waktu pembangunan candi ini masih menjadi misteri, hanya saja sebagian peneliti sejarah menduga bahwa candi ini dibangun sekitar abad ke-9 oleh Raja Balitung Maha Sambu. Candi ini sendiri sudah mengalami pemugaran beberapa kali sehingga semakin memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

3. Kaliurang

Kaliurang

Kaliurang adalah salah satu objek wisata andalan Sleman yang dikenal memiliki udara yang sejuk sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat peristirahatan. Objek wisata ini terletak tidak jauh dari pusat kota Sleman. Untuk menuju ke tempat wisata ini sangat mudah sebab cukup dengan berjalan kaki atau naik angkutan umum yang tersedia seperti bus, taksi ataupun ojek. Di Kaliurang terdapat banyak tempat penginapan atau wisma yang disewakan untuk pengunjung. Objek wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur akhir pekan.

4. Gua Jepang Kaliurang

Gua Jepang Kaliurang

Gua Jepang Kaliurang dibangun pada masa penjajahan Jepang tepatnya pada tahun 1942-1945. Gua ini dibangun untuk dijadikan sebagai tempat berlindung prajurit Jepang dari serangan pasukan Sekutu. Gua ini sendiri terletak di sepanjang bukit Plawangan dan terdiri dari 25 gua. Wisatawan bisa mengunjungi ke-25 gua tersebut tentunya dengan terlebih dahulu melakukan perjalanan melewati jalan setapak yang ada di pinggiran bukit. Dari puncak bukit Plawangan juga kita dapat menyaksikan keindahan Gunung Merapi yang sangat eksotis.

5. Desa Wisata Kembangarum

Desa Wisata Kembangarum

Desa wisata Kembangarum merupakan wisata alam yang sangat diminati pengunjung, khususnya wisatawan lokal. Desa wisata ini diresmikan pada tahun 2005 dengan konsep wisata edukasi alam. Di tempat ini, selain berwisata pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam sambil belajar tentang alam sekitar kita.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai lima tempat wisata primadona di Sleman. Bagi Anda yang menginginkan objek wisata yang murah meriah namun tetap menawarkan keindahan, maka Sleman adalah salah satu destinasi wisata yang cocok untuk Anda kunjungi. Semoga bermanfaat.