10 Tempat Wisata di Samarinda yang Menarik untuk Dikunjungi

Samarinda adalah ibu kota Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini adalah salah satu kota yang terkenal di Indonesia, karena terletak di tepi Sungai Mahakam. Jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi kota ini, berikut beberapa tempat wisata di Samarinda yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan

Daftar Tempat Wisata di Samarinda

1. Sungai Mahakam

Tempat Wisata di Samarinda – Sungai Mahakam

Sebenarnya, Sungai Mahakam sendiri memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Anda bisa berjalan di sepanjang tepi sungai Mahakam untuk melihat pemandangan dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Atau Anda dapat menyewa perahu untuk berpetualang di sepanjang sungai ini.

Di malam hari, lampu di Jembatan Mahakam yang membelah sungai ini menjadi daya tarik sendiri, yang jarang Anda temui di kota-kota lainnya di Indonesia.

2. Mahakam Lampion Garden

Tempat Wisata di Samarinda – Mahakam Lampion Garden

Lokasi: Karang Asam Ilir, Sungai Kunjang

Di tepian Sungai Mahakam terdapat sebuah taman lampion yang indah. Taman ini akan terlihat lebih menarik lagi ketika Anda mengunjunginya di malam hari.

Akan ada banyak bentuk dan jenis lampion yang berbeda di taman ini. Anda akan melihat lampion berbentuk masjid, ikan, bunga, binatang, dan banyak lampion berwarna-warni lainnya yang menerangi taman ini.

Tempat yang pas untuk bersantai di kota ini pada malam hari.

3. Taman Samarendah

Tempat Wisata di Samarinda – Taman Samarendah

Lokasi: Jl. Bhayangkara, Bugis

Taman Samarendah merupakan sebuah taman kota yang terletak di pusat Kota Samarinda. Samarendah sebenarnya berarti samarinda dengan aksen lokal.

Taman ini memiliki jalur unik untuk berjalan, karena jalurnya berbentuk lingkaran. Jalur ini biasa digunakan untuk jalan santai, bersepeda dan joging di pagi hari.

Anda juga dapat bersantai dan duduk di bawah pohon untuk merasakan udara segar di taman. Selain itu, taman ini juga akan menyuguhkan pemandangan hijau.

4. Air Terjun Berambai

Air Terjun Berambai

Lokasi: Sempaja Utara, Samarinda Utara

Air Terjun Berambai juga merupakan tempat rekreasi favorit bagi penduduk setempat. Kawasan ini merupakan tempat yang indah dan sangat cocok untuk piknik dan bersantai sejenak menghilangkan kepenatan kehidupan perkotaan.

5. Air Terjun Pinang Seribu

Tempat Wisata di Samarinda – Air Terjun Pinang Seribu

Lokasi: Sempaja Utara, Samarinda Utara

Air terjun berikutnya yang harus Anda kunjungi adalah Air Terjun Pinang Seribu. Kawasan air terjun ini juga memiliki pemandangan yang indah dan hijau, serta udara yang sejuk.

Di sini juga terdapat beberapa wahana permainan outbound serta sepeda air. Bagi Anda yang ingin bersantai, juga terdapat beberapa gazebo yang dapat Anda gunakan.

6. Masjid Islamic Center Samarinda

Tempat Wisata di Samarinda – Masjid Baitul Muttaqin

Lokasi: 

Masjid yang juga dikenal dengan Masjid Baitul Muttaqin ini terletak di teluk lerong ulu, samarinda. Dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2008, Masjid ini menjadi salah satu wisata religi yang paling sering dikunjungi di kota ini. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal

Arsitektur masjid yang terinspirasi dari hagia sophia di Turki ini cukup menawan. Dengan latar sungai Mahakam, serta kubah dan menaranya yang mengagumkan, merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

7. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang

Lokasi: Samarinda Ulu, Samarinda Utara

Pampang adalah Taman Budaya Dayak dan di daerah ini Anda akan memiliki kesempatan untuk melihat dan berinteraksi dengan suku Dayak Kenyah. Tempat ini ditempati oleh suku Dayak yang masih mempertahankan aturan leluhur mereka.

Datanglah di akhir pekan, Anda akan dimanjakan oleh beberapa pertunjukan budaya dan tarian Dayak. Di sini pengunjung juga dapat langsung belajar tentang kehidupan orang Dayak.

Selain itu, Anda juga dapat melihat langsung rumah-rumah tradisional suku Dayak yang memiliki berbagai ukiran artistik.

8. Kampung Tenun

Tempat Wisata di Samarinda – Kampung Tenun

Lokasi: Rapak Dalam, Samarinda Seberang

Seperti namanya, kampung ini merupakan tempat para penenun lokal. Anda dapat melihat secara langsung penduduk desa membuat kain menggunakan mesin tradisional.

Anda juga dapat membeli beberapa kain tradisional dari penenun sendiri. Tentunya dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga di toko-toko souvenir.

9. Taman Lembah Hijau

Taman Lembah Hijau

Lokasi: Lempake, Samarinda Utara

Taman Lembah Hijau merupakan tempat rekreasi keluarga yang dapat dinikmati sepanjang hari. Kawasan ini menawarkan beberapa tempat terbaik untuk bersantai dan menikmati liburan. Seperti kolam renang, danau, pondok, kolam pemancingan dan berbagai macam wahana permainan.

Jika Anda datang untuk berenang, datang saja ke kolam renang di daerah ini, Anda dapat benerang sambil menikmati berbagai wahana permainan air yang tersedia. Atau Anda juga dapat menikmati beberapa wahana permainan outbound alinnya, seperti flying fox, jembatan tali, dll.

10. Arboretum Sempaja

Tempat Wisata di Samarinda – Arboretum Sempaja

Lokasi: Sempaja Selatan, Samarinda Utara

Tempat ini sendiri merupakan kebun botani yang terletak di tengah-tengah kota. Terdapat banyak koleksi tumbuhan yang dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Berbagai koleksi tumbuha di sini pun dilabeli dengan keterangan nama serta beberapa informasi lainnya menganai tumbuhan tersebut yang tentunya berguna bagi pengunjung.

Selain itu, karena kawasan ini cukup sejuk, sehingga kawasan ini juga cocok untuk bersantai dan menenangkan diri.

Itulah beberapa tempat wisata di Samarinda yang tidak boleh Anda lewatkan. Semoga Bermanfaat.