Wisata Pulau Samalona – Lokasi, Akses serta Fasilitas yang Tersedia

Setelah sekian lama, Makassar selalu identik dengan pantai Losari, sebagai tujuan wisata utama. Apakah Anda tahu bahwa di Makassar ada sebuah pulau yang memiliki keindahan alam dengan pemandangan yang luar biasa? Nama pulau tersebut adalah Samalona. Pulau Samalona adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar tujuh kilometer dari kota Makassar.

Pulau Samalona adalah pulau kecil yang indah di dekat Makassar. Luas total pulau ini hanya sekitar 2,34 hektar. Namun, walaupun kecil, pulau ini memiliki gugusan terumbu karang yang indah di sekitar pulau.

Pulau Samalona memiliki pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru yang jernih. Selain itu, terdapat banyak pohon kelapa yang memberikan suasana nyaman bagi wisatawan. Pulau ini juga terkenal akan keindahan bawah lautnya. Para wisatawan yang mengunjungi pulau ini bisa berenang dan menyelam, sambil melihat terumbu karang yang indah dengan ikan laut yang berwarna-warni.

Jika Anda akan melakukan perjalanan ke Sulawesi Selatan, waktu terbaik untuk mengunjungi Kepulauan Samalona adalah pada saat musim kemarau.

Baca Juga:

13 Tempat Wisata Menarik di Makassar

15 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Selatan

Lokasi serta Akses Menuju Pulau Samalona

Pulau ini terletak sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Makassar. Anda dapat pergi ke lokasi ini dari pelabuhan yang terletak di dekat Losari dan dari dermaga dekat Benteng Rotterdam.

Dari dermaga, Anda dapat menyewa speed boat dengan biaya sekitar Rp 300.000,- hingga Rp 500.000,- *) untuk pulang-pergi atau tergantung pada perjanjian dengan pengemudi. Dengan waktu tempuh sekitar 30-40 menit.

*) Ketentuan dan harga dapat berubah sewaktu-waktu

Fasilitas yang Tersedia

Di daerah pulau ini ada beberapa warung makan yang menawarkan berbagai macam makanan laut, rasanya segar dan lezat untuk dinikmati bersama keluarga atau teman. Mushala dan toilet umum juga tersedia di sini. Selain itu, juga terdapat layanan penyewaan peralatan menyelam dan snorkeling, gazebo serta tenda payung di tepi pantai.

Di Pulau Samalona juga tersedia penginapan. Namun, sebagian besarnya adalah rumah penduduk setempat, meskipun juga terdapat pondok-pondok penginapan khusus. Beberapa penduduk setempat dengan sengaja menyediakan kamar di rumah mereka untuk tamu yang mengunjungi pulau itu.

Jika Anda memilih untuk menginap di sini, Anda dapat menikmati pemandangan sunset dan sunrise yang indah. Selain itu, Anda juga dapat menikmati malam ditemani suara ombak dan hembusan angin laut.

Hal-Hal Menarik yang Dapat Anda Lakukan

Daya tarik utama Pulau Samalona adalah kehidupan bawah lautnya yang indah. Anda bisa menyelam atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Saat menyelam atau snorkeling, Anda akan melihat berbagai macam ikan. Air laut yang jernih memungkinkan Anda melihat panorama bawah laut nya dengan jelas.

Selain itu, pulau ini juga menyimpan beberapa peninggalan kapal dari Perang Dunia 2. Setidaknya ada tujuh kapal tenggelam di daerah pulau. Di antaranya adalah kapal Maru (kapal perang Jepang yang tenggelam di kedalaman 30 meter), Kapal Lancaster Bomber, Kapal Kargo Hakko Maru dan beberapa kapal lainnya.

Saat ini, bangkai kapal-kapal tersebut telah berubah menjadi karang dan menjadi rumah bagi ratusan kehidupan laut. Para wisatawan biasanya datang ke pulau itu untuk berenang di antara bangkai kapal-kapal tersebut.

Selain menyelam atau snorkeling, Anda dapat beristirahat dan bersantai di pantai. Adanya tenda-tenda payung dan gazebo, menjamin Anda untuk beristirahat dengan nyaman.

Bersantai di pantai sampai matahari terbenam. Anda akan melihat matahari terbenam terbenam di cakrawala laut. Luar biasa. Siapkan kamera untuk mengabadikan objek yang indah dari matahari terbenam.

Nah, itulah gambaran sekilas tentang keindahan Pulau Samalona yang terdapat di Makassar, Sulawesi Selatan. Tertarik mencicipi keindahannya? Mulailah merancang rencana ke sana entah bersama keluarga ataupun teman, dijamin Anda tidak akan menyesal.