5 Tempat Wisata Alam di Jawa Timur yang Paling Populer

AZWISATA.COM, Menjelajah Alam Indonesia: Tempat Wisata di Jawa Timur – Kondisi alam yang mungkin lebih subur di Jawa Timur membuat Jawa Timur diberkahi dengan banyak obyek wisata alam dengan kekayaan hayatinya. Tempat wisata di Jawa Timur memang agak didominasi dengan obyek wisata alam. Selain indah, obyek wisata alam di sini juga memiliki fenomena yang menarik untuk dinikmati.

   Wisata Alam Terpopuler di Jawa Timur   

 1  Gunung Bromo

Wisata Alam di Jawa Timur - Gunung Bromo

Kawasan Gunung Bromo yang terletak di jawa timur ini memiliki salah satu pemandangan alam pegunungan paling indah di Indonesia. Selain pemandangan alam hijau, Gunung Bromo juga memiliki kawasan dengan hamparan pasir serta kawah gunung yang menarik untuk dilihat. Jika Anda datang ke sini, sebaiknya persiapkan pakaian yang tebal dan tahan dingin, karena suhu di Gunung Bromo ini sangat dingin. Tidak mengherankan, karena Gunung Bromo ini berada di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Untuk melihat kawah Gunung Bromo, Anda harus berkendara dengan Jeep atau naik kuda dan kemudian menaiki ratusan anak tangga. Jangan lupa untuk menyaksikan pemandangan sunrise atau matahari terbit dari atas Gunung Bromo yang keindahannya tak terkalahkan.

Lihat juga: Daftar Tempat Wisata di Malang

 2  Kawah Ijen

Wisata Alam di Jawa Timur - Kawah Ijen

Tempat wisata di Jawa Timur ini adalah sebuah kawah danau yang paling besar di Pulau Jawa. Sisi menarik dari kawah danau yang terletak di Banyuwangi ini adalah danau belerang yang memiliki warna tosca serta api biru atau blue fire. Kawah yang tertutup dengan corak warna tosca serta api biru ini sangat indah, menarik dan unik untuk dilihat serta diabadikan. Fenomena alam ini dapat Anda nikmati hanya di Kawah Ijen pada malam hari hingga subuh. Untuk menikmati pemandangan dalam kawah ini, sebelumnya Anda harus menempuh perjalanan mendaki sejauh 3 km atau sekitar 1,5 jam berjalan kaki. Kontur jalan yang memiliki kemiringan 25 hingga 35 derajat ini memang akan melelahkan Anda, tapi dijamin Anda akan langsung lupa dengan perasaan lelah saat sampai di tujuan.

Lihat juga : Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi

 3  Gua Gong

Wisata Alam di Jawa Timur - Gua Gong

Gua yang terletak di Pacitan, tepatnya di desa Bomo ini adalah gua yang menawarkan keindahan alam indah dengan sederet stalaktit dan stalagmitnya. Beberapa stalaktit serta stalagmit tertentu dapat mengeluarkan bunyi seperti gong saat dipukul, sehingga fenomena ini menjadi asal muasal nama Gua Gong. Selain itu, konon katanya gua ini dipercaya sebagai gua yang angker, karena kerap terdengar suara seperti gamelan (dan gong di dalamnya) dari dalam gua. Untuk menikmati obyek wisata alam ini, Anda tidak memerlukan peralatan atau kemampuan khusus, karena gua ini adalah gua horizontal alias memanjang, bukan meninggi. Gua yang memiliki satu pintu masuk dan keluar ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama untuk menambah wawasan si kecil.

Lihat juga: Daftar Tempat Wisata di Pacitan

 4  Air Terjun Madakaripura

Wisata Alam di Jawa Timur - Air Terjun Madakaripura

Jawa Timur juga memiliki obyek wisata alam air terjun, dan salah satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Madakaripura. Hal yang membuatnya terkenal adalah karena air terjun ini dipercaya sebagai tempat meditasi yang terakhir kali dikunjungi oleh Patih Gajah Mada, seorang patih dari Kerajaan Majapahit. Malahan, kekuatan Patih Gajah Mada dipercaya berasal dari dalam gua yang berada di dekat air terjun ini. Pada kawasan air terjun ini, Anda akan mendapat perasaan mistis namun dramatis. Hal ini karena bentuk air terjun yang seperti melingkupi Anda (melengkung) dan menjulang tinggi, sehingga Anda seperti sedang berada di dalam sumur atau ruangan.

 5  Pantai Pulau Merah

Wisata Alam di Jawa Timur - Pantai Pulau Merah

Pantai juga menjadi salah satu obyek wisata alam yang terdapat di Jawa Timur. Salah satunya adalah pantai yang terletak di Banyuwangi ini. Asal muasal dari nama pantai ini adalah sebuah petak tanah menyerupai bukit yang terletak dekat dengan bibir pantai dan memiliki tanah bewarna merah. Pantai ini akan menyuguhkan Anda pasir putih halus yang membentang sepanjang 3 km. Selain itu, di pantai ini Anda bisa melakukan kegiatan surfing karena ombaknya yang cukup kuat dan tinggi, yakni mencapai 4-5 meter.

Selain berbagai tempat wisata di Jawa Timur yang berbau alam ini, Jawa Timur masih memiliki banyak obyek wisata lain seperti kota Batu di Malang, museum House of Sampoerna di Surabaya dan lainnya. Semoga informasi diatas dapat membantu pembaca azwisata.com dalam memilih destinasi yang akan dikunjungi saat liburan nanti.